Pemerintah Diminta Lebih Peduli Terhadap Budaya

Written By Unknown on Friday, July 26, 2013 | 10:49 AM


Jakarta - Kepedulian pemerintah terhadap perlindungan budaya Bangsa Indonesia masih sangat minim. Di lain sisi, negara asing justru lebih perhatian ketimbang bangsa sendiri terhadap pelestarian budaya.


"Dari pihak Indonesia kurang perhatian, dan saya malu karena asing lebih perhatian dari kita," kata ketua Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) Hashim Djojohadikusumo, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/7).


Sebab itu, melalui yayasan yang dipimpinnya, Hasyim juga rencanakan untuk merestorasi lukisan karya Raden Saleh. Yayasannya bekerjasama dengan Goethe Institute, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kesektariatan Presiden untuk merestorasi dua lukisan yakni Harimau Minum dan Penangkapan Pangeran Diponegoro.


Restorasi tersebut rencananya juga akan melibatkan Susanne Erhards, seorang ahli restorasi lukisan papan atas berkebangsaan Jerman.


"Kami senang sekali dapat membantu restorasi lukisan-lukisan karya Raden Saleh terutama yang ada di Istana Negara. Restorasi ini akan menjadi tonggak dari upaya pelestarian karya Raden Saleh oleh bangsa Indonesia sendiri," ucapnya.


Menurut informasi dari Biro Pengelolaan Istana - Sekretariat Presiden, ada sebanyak enam lukisan Raden Saleh. Masing-masing dua buah di Istana Bogor, dua buah di istana negara Jakarta, satu buah di Tampak Siring dan satu buah di Jogjakarta.


Sejak awal tahun ini, YAD bekerjasama dengan Goethe Institut Indonesia telah merencanakan untuk membantu restorasi lukisan-lukisan karya Raden Saleh. Termasuk lukisan yang merupakan koleksi Istana Negara Jakarta dan Istana Negara Bogor.


"Nota Kesepahaman Kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk melaksanakan restorasi ini sudah dipersiapkan dan diajukan sejak empat bulan lalu. Akan tetapi, kami baru mengetahui bahwa perijinan untuk itu harus melalui Sekretariat Presiden," kata Direktur Eksekutif YAD, Catrini Kubontubuh.


Perwakilan Sekretariat Kepresidenan, Ratih Anggaraeni pun sudah menyatakan untuk sepakat mendukung restorasi tersebut.


"Kita mendukung restorasi itu. Mudah-mudahan pekan depan MoU bisa ditandatangani oleh empat pihak sehingga pelaksanaan restorasi bisa langsung dimulai," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemerintah Diminta Lebih Peduli Terhadap Budaya

Dengan url

http://manchesterunitedsuporter.blogspot.com/2013/07/pemerintah-diminta-lebih-peduli.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemerintah Diminta Lebih Peduli Terhadap Budaya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemerintah Diminta Lebih Peduli Terhadap Budaya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger