Erasmus Huis Gelar Pameran Batik Belanda

Written By Unknown on Friday, March 8, 2013 | 9:49 AM


Jakarta - Erasmus Huis kembali mengadakan pameran “Batik Belanda from Time to Time”. Acara ini akan diadakan berkolaborasi dengan Jakarta Fashion Week, Museum Tekstil Jakarta, Galeri Batik, dan pakar sekaligus kolektor batik, Asmoro Damais.


Sebelumnya, pada tahun 2012, Jakarta Fashion Week bekerja sama dengan Erasmus Huis dan Kedutaan Besar Belanda telah mengadakan fashion show dan pameran yang berjudul “The Revival of Batik Belanda". Hal tersebut diungkapkan oleh Ton van Zeeland, Direktur Erasmus Huis.


“Started from Jakarta Fashion Week, batik Belanda is a very small part of Indonesian batik tradition,” kata Ton van Zeeland, di Jakarta, Jumat (8/3).


Batik Belanda sendiri merupakan sebutan untuk Batik yang diproduksi oleh Belanda namun dikerjakan oleh orang Indonesia, dan dipasarkan untuk Belanda, terutama pada abad ke-19.


Sebenarnya, Asmoro Damais lebih senang menyebut batik Belanda ini sebagai batik dengan pengaruh Belanda. "Penyebutan batik Belanda akan menyebabkan orang-orang yang baru belajar tentang batik mengira batik ini dibuat oleh orang Belanda padahal tidak,” jelas Asmoro.


Perbedaan batik Belanda ini dengan batik lainnya adalah motif yang dimilikinya. “Pola-pola di batik ini mulai dari bunga-bunga, bahkan ada yang seperti dongeng,” kata Diaz Parzada, Creative Director Jakarta Fashion Week. Selain itu, warnanya juga lebih colorful daripada batik Pekalongan biasa.


“Batik tersebut menghidupkan khasanah dan pola-pola baru,” ujar Asmoro, yang telah mengoleksi batik sejak tahun 70-an. Ia bersama Tumbu Ramelan, Direktur Galeri Batik, ikut menyumbangkan sebagian dari koleksinya untuk bisa dinikmati masyarakat di Erasmus Huis.


Tumbu Ramelan mengatakan dirinya sangat gembira dengan adanya pameran ini. “Kami akan bantu semampu kami supaya orang-orang lebih mengenal batik yang menjadi heritage kita,” kata Tumbu.


Pameran Batik kali ini akan diadakan dari tanggal 8 Maret sampai dengan 4 April 2013 di Erasmus Huis. Pameran sendiri terbuka untuk umum dan akan menampilkan sekitar 27 batik dengan usia beragam.


Anda sedang membaca artikel tentang

Erasmus Huis Gelar Pameran Batik Belanda

Dengan url

http://manchesterunitedsuporter.blogspot.com/2013/03/erasmus-huis-gelar-pameran-batik-belanda.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Erasmus Huis Gelar Pameran Batik Belanda

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Erasmus Huis Gelar Pameran Batik Belanda

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger